3.6.09

wow..

it does happen..

inget jaman2 kemarenan ke rumah2sakit. sejak bisa biayai sendiri rumah sakit, baru kerasa emg nyebelinnya rs2 'bagus' sini, mungkin kayak 'univ2' bagus negri sekarang ya, mata duitan semuanya.
selalu cari alesan supaya balik lagi, dan pas dateng cuma diperiksa sebentar, disuruh beli obat yg ternyata cuma vitamin dan antibiotik, dibilang. oh, oke, ntar lagi deh, seminggu lagi.. sekali periksa, 100-150rb. itu cuma ketemu ngomong doang. sakit atikan kalo cuma nunggu lama 2 jam, pasmketemu dibilang: wah, periksa lagi nanti ya.. (2 menit) dan nunggu obat.. 3 jam. bayar? 300rb.. for nothing. kalo ada analisa lebih serius, biaya naek.

ah, dokter mana yg mau ngasih tau isi obat ama pasiennya?
'dok, itu suntik isinya apa' gue pernah nanya.lupa sakit apa.aga2 db kali..
'oh, ya obat.'
'untuk apa dok?'
'ya buat sembuh' ketus.
.. >:((
'udah percaya aja '
'isinya apa dok?'
dan ekspresi ini selalau ada: ngedongak sebentar, muka ga percaya, dengan cengiran ilmuwan paling hebat sendiri: 'Algiye dmjfom..., rhyso faperfmoe... ,' (pokoknya lu ga ngerti deh.. itu katanya eksplisit)
aku masih ngeyel: 'aku vegetarian dok. aman ga?'
dengan muka males ala moerdiono: 'hmh..' . 'ini kamu bawa ke depan ya, ke apotik.' ya, silakan,mas, apa yang sakit?'

dokter laen agak manis dan tampak peduli.. tapi begitu pertemuan kedua..
dengan dokumen kesehatan di map di rs bdg sjk jaman dulu:
'oh, bapak kamu dari perumtel ya?' (cengiran ramahnya berubah jadi besar..)
'iya bu, tapi dah pensiun. makanya sekarang bayar sendiri..' (= kelakuan orang yg ngerasa miskin, langsung curiga dimintain duit..) --> yang ternyata iya.
'yaudah balik lagi besok ya..rabu deh'(g lupa, klo gasalah mriksain radang perut ato apa, gr2 sok diet katanya. padahal wkt iut lg patah ati aja, sampe 44kilo)
dan dalam dua minggu itu, aku bolak balik ke dia 4kali, 300-500rb each. sakit ati bgt sih..

tapi emg berbagai protes pribadi yang bilang, dok, u shudn't du this.. i want this that no no sure hey blablabla,.... semuanya seringkali terreversed gara2 despert dan kecapean dan bilang ke sendiri:'hey, wat du i know, he's the doctor, dah belajar lama, masuknya susah, keluar susah, gamungkin sebego itu lah...yg penting gw sembuh, pindah dokter lebih mahal lagi..' (another mental miskin)

ah..
jadi inget dokter aza yang dokter langganan taunan waktu sd dulu, dari datar sampe butuh miniset..gara2 sakit gejala typhus, kuning, db selalu tiap taun, rekor 1 bulan opname, dan no problemo karena kantor papah begitu royal.. sampe2 gue sekeluarga diperlakukan seperti royal juga.. haha.. nggak juga sih, jaman dulu, di rumah sakit kecil itu, bagus semuanya, carenya gede,dokternya baek, tepat, ga macem2, walo tempatnya ga semewah sekarang, dan jaman itu, 85-89 (sd kls 1 - 4) ac bener2 barang mewah yg bener2 ga diperluin.. krn bandung masih dingin jam 10 pagi...

jaman emang dah beda.. semuanya untuk duit..
makanya ana temenku gak bisa diobati dini dgn obat yg sebenarnya sudah tersedia di dunia. 'mbak, obat ini dah gak dijual lagi, fda, jerman dah narik.'
'alesannya apa, dok?' (singapur)
'because it's going to be a more perfect one..' diplomatis.
'jadi mesti diapain dong dada saya? diambil kan dah gabisa, bukan tumor lagi..kemo aja gimana?'
'wah, kalo dikemo, ini masih kecil, mesti gede, kalo udah stadium 3 baru bisa.'
!! ' jadi saya harus stadium 3 dulu baru bisa dikemo?udah deket mati dong.'ujarnya berseloroh.temanku ini memang cewek super, ga heran dia jadi manajer hrd di perusahaan minyak internasional, setelah menempati berbagai posisi penting yang memotivasi orang2 di perusahaan2 lain.gak gue banget.
'ya gimana mbak, then we'll find better way to do, kita jadwalin aja pengobatannya 6 bulan sekali ya, terapi'

- ah, tapi itu cukup lebih informatif daripada dokter indonesia yang hanya bisa bilang: 'minum ini saja'

dan fakta bercerita, bahwa memang, kanker payudara adalah komoditas yang lumayan top lakunya di kalangan dokter2 secara global, sgt menyenangkan. karena, kemungkinan terkena sangat amat besar, terutama di usa yang junkfood semua, dan potensi kesembuhan juga cukup besar, sehingga pengobatan mereka tentu akan sgt laku sekali. digunakanlah kemoterapi. yang mahalnya amit2, dan harus dilakukan berkali2.. ada yg keluar jadi kaku, ada yg.. yah, agak2 survive..
(aku emg ga ngumpulin data, buat itu, cari sendiri aja.. tapi ini emg kejadian)

oh dokter.. dokter.
aku rindu melihat manusia...
(gara2 ngeliat keluar balkon yg ada gedung2 keras semua, yg semua isinya 'build for making MORE money')

moga2 temen2 gue yg jadi dokter, bisa jadi dok yg caring.. amin..
dokter2, i still need you all..

okay.. gonna finish my kinsella. ciao.

Tidak ada komentar: