10.6.09

apa sih neolib?
'lah lu bukannya anak hukum?' tutur kawan gue tak membantu. akhirnya dia ngasih sebuah link.
(boy, apa hubungannya ama anak hukum? istilah politik eko populer gitu..)
link itu wikipedia neoliberalisasi.
dan sekali liat, aku langsung tau..
kalo itu bukan bahasa awam.
lagi, masak ada gambar2 grafik gitu, mau ada doseen ngejelasin depan gue juga, dijamin.. gue ga mudeng.. dan nguap2 tersembunyi kayak di meeting kemaren2 ngomongin undang2... (miting apa sih yg ga bikin gue ngantuk?miting buatan gue sendiri kali ye..).
dan akhirnya gue menyudahi pertanyaan apa itu neolib.
apapun itu.. aku yakin artinya ga bersambungan dengan hobiku ngelukis kanvas..
walopun mungkin ada hubungannya dengan ketersediaan stok sepatu2 zara dan diskon 80 persen yang jarang terjadi..

ide itu katanya sih dijadikan agenda politik ato tuduhan politik satu capres 2K9 ini.
secara, gue mencoba mengerti mereka2..
neo=baru
liberal = ampir sinonim sama kebebasan (liberae-free)
kebebasan baru.
apanya yang dibebasin?
merk2 luar dalam arti barang2 impor dibebasin masuk? dan barang ekspor juga dibebasin keluar, walopun jatuh sekali?
ato diterjemahkan mrt rumus2 grafik yg ada di wiki tadi.. jelas aku ga ngertiiss..

tapi sebagai penduduk yg punya kebutuhan pribadi atas kemakmuran bangsanya..
aku pun nilik2.
ah,
kebutuhan apa saja?
simpel kok.
1. ketersediaan barang bagus berkualitas super dengan harga murah, itu buatan indonesia sendiri ataupun luar negeri, terserah, yang berkualitas yang menjawab..
untuk ini, kalo banrang dalem negri maseih jelek, benahilah.. ambil saja teknologi zara untuk bikin sepatu2nya yg cantik dan kuat tahan lama.
teknologi2nya, komputer2, sofwer2, yg sebenernya sudah dijagoin masy indonesia, perjualkanlah dengan okskrey..
2. secara gue kerja di nasa nya indonesia, target2 terdekat kita yg di masukan dalam agenda meja kebijakan dan kajian sosial antariksa adalah:
-ruu antariksa,
-propelan dan bahan bakar yg terus disuport penelitiannya.
-peroketan yang disuport pewujudan desainnya
-penyekolahan/pelatiahan sumber2daya sini untuk dilatih diluar, di nasa2 laen..
-pembangunan stasiun antariksa
-dll dkk
nah untuk ini, artinya adalah kebutuhan teknologi super canggih, yang tentu biayanya alaihim jambreng mahalnya... dengan biaya yang setara dengan perawatan pesawat tni saat ini (maksudnya, sudah sesedikit itulah perawatan fasilitas ketahanan nasional), maka afgak2 imposibel menargetkan indonesia menjadi pusat peluncuran tersibuk seperti guiana, baikonur, ato bahkan disetarakan kesibukannya dengan nasanya malaysia..

makes me wonder sometimes, anggaran negara paling banyak dikucurkan buat apa sih?
ah.. lupa..
tentulah. kebijakan2 negara..
trias politik itu dan turunannya.

jadi gue pikir, capres S, tentu yg distabilkan olehnya (yg gosipnya dibantu berat oleh negri bule sono) adalah ekonomi, dan mungkin sedikit pendidikan. tentu, yg terliat menstabilkan lah yg dimanja. masalah lain2 seperti pertahanan yg pernah jadi dunianya saja, sudah ditanggalkan perlahan, karena dia sipil, dan konsen untuk kemakmuran di tabel: 'pendapatan per kapita'...
ah, ga bisa disalahin sih..
tapi buat yg ngerasain, ini gaenak bgt..
kayak hidup di dunia mimpi..
dan dipersalahkan terus karena dibilang menghabiskan duit negara..secara mati lumpuh..
teknologi pak.. suatu ketika ini harus menjadi dipentingkan sekali.. memang masih jauh, secara masih bego2.. makanya, pinterin kita dong..glontorin beasiswa buat kite2 belahjar di luar dgn magang di nasa2 luar.. (sukur2 dibajak luar. hihihi..hus!)

2.capres J, wah.. gatau kenapa, simpati kini berbanjir menujunya. padahal pernah dicerca sebagai pengusaha oportunis, bahaya, bla22, tapi skr, doi spt figur yg lbh bisa dipercaya menerapkan kepiawaiannya berusaha dalam memprofitkan indo dgn usaha sendiri. lebih cepat baikan katanya. plus, dia bukan dari jawa.satu2nya. mungkin saja, dgn mental pengusahanya itu, teknologi canggih ini, sedikit2 bisa terperhatikan.. walopun saya gasuka sepatunya..
3. capres M..
hmm...
'wah, pertanyaannya kok rumit sekali ya.., tapi saya akan coba jawab deh..'
--> dikutip dari berbagai sesi tanya jawab capres M.
'kalo saya pribadi nih, ya, saya lo, saya ga setuju privatisasi asing.. tapi jangan lupa lo.. ini yg mutusin bukan presiden aja..ya nanti kan ntar lagi saya mu jadi presiden, keputusan nya nanti akan saya hentikan, maunya saya lo ya..'
hahahaha...
mamih... jadi mamih suri aja ya mam.. sumpah, itu jabatan yg lebih mulia daripada raja itu sendiri mam...
nah kalo yg ini, jawaban doi disetir mulu ama PBW nya.. teknologi canggih? puih! ga guna, menurut mereka.. wong cilik dulu dong.. (gue juga cilik, bu..)

jadi pilih mana? hm...
aw uh..

they whom i believe has good taste on shoes, proud of their own country, and believe ini indonesia's hi tech.

i choose none yet.

Tidak ada komentar: