26.6.09

gue mungkin telat. tapi gue baru aja baca confession shopaholic belakangan ini. padal itu hebohnya kan dah 3 taunan lalu di indonesia aja. heboh chiklit. dan gue kaga demen2 amat bacaan ringan. cewek pula.. cuih..
gue mah, senengnya komik! hahaha..
nggak gitu2 amat sih, intinya karangan2 chiklit gitu gue dulu aga2 anti, abis ga penting ah.. dulu..
sekarang?
hmm..
abis liat pelmnya, baru iya.
emg gue harus ketarik ama mata dulu.
palagi mungkin gue dah ga seaneh dulu sok2 anti merek mahal..
sekarang lebih toleran ama produk luar..
zara, dll..
gara2 duit?
hahaha auk ah.
nih soal bukunya.
confession of a shopaholic.
yah, lucu lah.,
ceritanya tentang cewek biasa, bukan anak orang kaya, tapi biasa aja, kayak gue, temen2 gue, girl next door, tapi punya selera fashion ato belanja yg luar biasa. coklat enak, resto enak, roti enak, baju bagus, syal, sepatu, semua... detil2 itu, dia tau.
cewek biasa yg suka ama barang lucu dan bagus. itu biasa kan?
tapi masalahnya, dia gapunya duit.
semua, dia sandarkan pada kartu kredit.
itu cerita sumprit, penuh masalah!!
kacau, ga teratur, boros, susah ngendaliin napsu, ga punya rencana hidup..
rasanya kayak...
ni cewek gapunya tanggung jawab, ga punya otak, ga penting, ga guna, cuma bagus buat hiasan aja deh..
apalagi di ceritanya, dia digambarin susah kali jatuh cinta.
semua cuma untuk hidup ideal yg dia gambarin.
yah, cewek biasa..
punya pacar, punya kerjaan, baju cantik, makan enak..
itu hal biaasa yg dimauin cewek, buat ngerasa secure, untuk alasan gengsi, karena itu adalah harga mati eksistensi cewek.
yang akhirnya tidak dilakukan dengan hati. kerjaan dan pacar.
akhirnya kacau.
dan jatuh hatinya cuma bisa dia sampaikan pada: shopping! benda2 cantik dll yg bikin dia bilang: semua orang bakal inget gue sbgai, 'si becky in white coat' ato 'si becky in grey cardigan, green scarf.. etc etc'.
becky ini selalu bilang iya ama semua orang. diajak kencan, mau, walo gasuka. diminta beli tiket terusan setaun, mau.ga pernah nggak. mungkin itu juga yang bikin dia susah untuk ga shopping, buat jaim.
ah, masalah pencarian jati diri biasa kan?
dia 25taunan, baru lulus, baru dapet gaji2 awal, dan bisa beli macem2 pake duit sendiri..
dan belum nemu siapa dirinya..
itu kasus biasa...
diantara cewek2 umum..
gue juga.
temen2 gue juga.
walo dgn pelampiasan beda2.
menetapkan imaji diri.

nah, di cerita itu, bagian paling menyenangkan adalah yg terakhir2.
awal2 dan tengahnya sih kita bakal ga sabaran bgt, bilang, uhhh ni cewek bego amaaaat! pgn gue jitek! (kok kaya gue ya..?). duh ni cewe hidupnya kosong amaaaaaaaaat!! wake up girl! duh...

tapi terakhir2nya,
akhirnya dia nemuin satu kasus yang menggerakkan hatinya untuk bikin tulisan, terlepas dari imaji2 keharusan yang biasanya dia sandang untuk hari2nya yg kosong.
satu kasus itu cukup bikin semua orang termasuk yg baca, sadar, kalo tu cewek emang cerdas, tanpa perlu nambah bumbu2 imajinatif dan tukang boong -ngaku jago bahasa finlandia, dan direkrut ama bank helsinski, langsung ngibrit- dan bisa banget ngerjain hal penting, menjadi orang besar. yang dia perluin cuma.. hati!

dan yg menyenangkan,
di novel ini, beda ama filmnya,
pertemuan dengan luke brandon disini sangat asik. di novelnya, mereka disandangkan untuk beradu debat kecerdasan dan kepedulian pada masyarakat yg merasa dirugikan oleh perusahaan asuransi ato apa gitu yg kebetulan di PR in ama brandon. dan akhirnya, di tv nasional, brandon yang cerdas ganteng kaya bisnismen sejati-cowok bachelor terkaya seinggris ke 31- itu, mengalah juga pada argumen penuh hati si becky yang ga ada persiapan apapun dan dia kira cuma ngomong biasa diundang di tv itu.
becky yang bebas penuh semangat impulsif dan gabisa bikin rencana apapun, dengan luke brandon yang fully organised cerdas banget rapih tegas dan aga2 kaku ga sensitif...
waw..
dan cerita ini berakhir lumayan..
bener2 novel ringan dengan bahasa ringan yang isinya asik, kayak mbak2 kantoran yang cerita ttg kehidupannya sehari2...
emg bahasanya sophie kinsella ini sangatt amat ga ada yg bahasa susah kayak marquez. bahasa harian aja.. tapi ide ceritanya itu yg penting.. lite story yang bilang, kita juga bisa bangkit kok...yang ngalamin ini ga lu aja.. banyak, girls..
bukan cerita yg romantis2 amat sih,
karena cintanya becky sedalam apapun pada brandon,
jauuuhhh lebih cinta ama benda2 belanjaan itu.
mungkin karena meraka lebih setia dari pia manapun dan bisa bikin cantik ya..
ah,
satu lagi,
percaya gak,
kalo orang boong artinya dia gamau keilangan orang lain.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello,

Ada artikel bagus nih, judulnya "Gosip... gossip... gossip...". Tentang gossip di dunia kerja. Dilanjutkan dengan kupasan riset sosiologi tentang gossip di dunia kerja, "Riset: Mengerti Gosip, Perlu Kedewasaan".

Semuanya di blog Cantik Selamanya. Bagus deh, orisinal - Bukan cuman buat perempuan!

li'l miss G mengatakan...

hah kok bisa2 nya sih masuk blog gue?